Thursday, March 8, 2012

My Sweet Skrips

By the way, jadi mau cerita tentang apa yang gw kerjain buat skripsi gw yang sempat dipertanyakan kematematisannya dimana hhihi #pentingbanget :p. Jadi insya4w1 tema tugas akhir gw ini tentang pengamanan data dan informasi digital yang berbentuk citra/gambar.
Kenapa sih citra digital perlu diamankan? Karena dalam citra digital mengandung banyak data dan informasi, lebih banyak dari teks. Kalau citra digital tidak diamankan akan membuka peluang pihak yang tidak berkepentingan untuk memanipulasinya. Kasus yang sering terjadi adalah rekayasa foto ataupun penyebaran foto secara ilegal. Tentunya hal ini merugikan pemiliknya, oleh karena itu perlu adanya pengamanan terhadap data dan informasi digital yang dimiliki, khususnya citra.
Nah teknik pengamanan yang gw pake itu enkripsi, yaitu mengubah data dan informasi asli menjadi data dan informasi lain yang tidak dapat dikenali. Proses ini punya invers, yaitu dekripsi, yaitu mengembalikan data dan informasi ke bentuk awal. Berikut ilustrasinya.



Mohon doanya yya teman-teman semoga gw bisa menyelesaikan tugas akhir ini dengan baik dan secepatnya. :D

No comments:

Post a Comment