Saturday, June 30, 2012

Pelatihan jadi Fasilitator

Depok, 29 Juni 2012

Tanggal 28 & 29 Juni ini saya ikut pelatihan untuk menjadi fasilitator obm (orientasi belajar mahasiswa). Pesertanya ada 78 orang yang dibagi menjadi tiga kelas, saya dapet kelas A. Acaranya dua hari. Hari pertama agak membosankan karena satu hari penuh hanya presentasi masing-masing kelompok secara bergantian. Di hari kedua lebih menarik, selain ada games dari masing-masing kelompok yang seru-seru banget, saya dan teman-teman juga ditugaskan untuk "role play". Apa itu role play? Jadi masing-masing kelompok ditugaskan untuk presentasi selayaknya failitator nanti, sama dengan hari pertama, tapi bedanya presentasinya di kelas lain. Kelas saya kebagian bertugas ke kelas B, jadi masing-masing kelompok di kelas saya secara bergantian menjadi fasilitator di kelas B. Apa serunya? Jadi di setiap sesi role play, ada skenario kondisi yang tidak diketahui fasilitator, contohnya ketika di kelas tiba-tiba mati lampu, semua komputer tidak bisa dipakai, mahasiswa yang sering keluar masuk, mahasiswa yang tidak bisa bahasa indonesia, mahasiswa yang ribut bukan main, ada yang tiba-tiba ngajak foto-foto di kelas, ada yang salah kelas, ada yang mau ijin karena mau dilamar, hedehh, dan itu semua diperankan dengan sangat lebay, you know lha yya gimana mahasiswa kalo dikasih kesempatan buat nge-"bully" orang hhahaa, but it's so fun :) Paling seru sihh pas lagi jadi peserta obm dan dikunjungi fasilittor dari kelas lain, teman-teman sekelas udah siap ngebully, tapi pas bagian jadi fasililator di kelas lain, yya siapin sabar ajaa, hhaha.
Di kelas fasilitator obm ini saya jadi nambah kenalan, sulis (fik 2008) dan sayyid (psiko 2008) yang selalu jadi partner saya dalam bertugas hhohoo, tika (farmasi 2008) dan nindi (fik 2009) yang udah berjasa ngasih tumpangan saya dan sulis sampe stasiun ui, dan ferry (fisika 2008) yang udah nyuruh saya meranin mahasiswa yang lemes karena lagi puasaa, good!
Sekian sedikit cerita tentang pelatihan fasilitator obmnyaa, gga sabar jadi fasilitator beneran bulan Agustus nanti, see yya :)

2 comments: