Sunday, July 7, 2013

Pilihlah Teman yang Baik

"Choose your friends & your books carefully. Friends influence our character & books influence our thoughts" -elhami dinda sakrie-

Quote diatas saya dapatkan dari akun facebooknya bni syariah *bukan promosi :p*. Dan memang benar, bukan hanya suami yang harus di pilah-pilih *ehh*, tapi juga teman, karena teman itu secara signifikan mempengaruhi karakter kita. Bagaimana tidak? Sebagian besar waktu kita dihabiskan bersama teman, bahkan mungkin porsinya lebih besar ketimbang bersama keluarga. Ketika mulai menginjak bangku SMA apalagi, jam belajar disekolah biasanya dimulai dari jam 7 sampai jam 4 sore, belum lagi ditambah les atau main bersama teman *lagi*. Oleh karena kebersamaan yang intens itu, kebiasaan dan prilaku mudah untuk ditularkan, yang lama-lama akan menjadi karakter.

“Sesungguhnya perumpamaan teman yang baik (shalih/shalihah) dan teman yang jahat adalah seperti pembawa minyak wangi dan peniup api pandai besi. Pembawa minyak wangi mungkin akan mencipratkan minyak wanginya itu atau engkau membeli darinya atau engkau hanya akan mencium aroma harumnya itu. Sedangkan peniup api tukang besi mungkin akan membakar bajumu atau engkau akan mencium darinya bau yang tidak sedap”. (Riwayat Bukhari, kitab Buyuu’, Fathul Bari 4/323 dan Muslim kitab Albir 4/2026)
 
Bahkan Rasulullah saw. pun dalam hadistnya tersebut telah mengingatkan bahwa teman sangat berpengaruh terhadap diri kita. Teman yang baik akan memberikan kebaikan, sekecil apapun itu, dan sebaliknya, teman yang buruk juga akan memberikan dampak buruk, sekecil apapun itu.

No comments:

Post a Comment