Monday, December 24, 2012

PPS UMUM BRI 2012

Kali ini, lagi-lagi di tengah kegalauan saya sebagai job seeker hhahaa, yang sedang galau juga menunggu hasil interview akhir BRI, akan share tentang proses rekruitmen ini. Pertama kali saya ikutan apply saat job fair UI September 2012, tapi gagal di interview awal hhahaa. Trus satu bulan kemudian saya apply lagi di job fair IPB Oktober 2012 dan alhamdulillah udah sampai tahap interview akhir dan insyaAllah akan sampai ke tahap sign contract aamiin hhehee. So buat kamu kamu yang niat banget kerja di suatu perusahaan, jangan pernah menyerah cuma karena pernah gagal tes di perusahaan itu, coba terus, hhehee, kecuali buat perusahaan yang mensyaratkan gga boleh ikut tes seleksi kalo sebelumnya udah pernah ikutan. Oke dehh berikut proses rekruitmennya :

1) Seleksi administrasi (20 Oktober 2012)
Nah dibagian ini nih yang sakral banget. Kalo kata gosip yang beredar sih yang bisa lolos tahap ini beruntung banget. Saya juga kurang tau gimana penilaiannya, tapi banyak teman saya yang satu jurusan dan ipk nya lebih tinggi tapi gga lulus. Hhm, intinya sih di tahap ini untung-untungan yya, soalnya belom tentu juga orang-orang yang udah sesuai kualifikasi yang disyaratkan itu diterima. Tips dari saya sih, saat isi formulir, tulisan harus rapi, isi semua bagian yang ada di formulir jangan sampai ada yang tertinggal, foto kalo bisa yang formal, jangan lupa sertakan copy ktp sesuai dengan yang diminta, dan terakhir banyak-banyak berdoa.

2) Interview awal (30 Oktober 2012)
Biasanya yang lulus ke tahap ini ada sekitar 300an - 800an orang, tergantung job fairnya. Waktu di job fair UI yang lulus ada lebih dari 800 orang dan di job fair IPB ada lebih dari 600 orang, dan tentunya itu orang-orang yang sudah terseleksi dari ribuan orang yang mau masuk BRI. Nah di tahap ini gga kalah sakral sama di tahap sebelumnya. Sebenarnya sebelum tahun 2012 ini, saat seleksi administrasi, BRI langsung menyeleksi kandidatnya dengan mendatangkan orang-orang BRI yang akan melihat langsung "penampilan" para kandidat. Tapi sepertinya mulai 2012 ini proses itu dipisah, jadi ada interview awal *sebelumnya gga ada interview awal*. Kalo dari gosip yang beredar, di interview awal ini, BRI mau lihat langsung para kandidat, apakah sesuai dengan yang mereka inginkan atau tidak. Berhubung peserta PPS ini nantinya akan menempati posisi pimpinan perusahaan, jadi mereka mencari orang-orang yang punya aura pemimpin. Tips dari saya, tetap pede aja saat interview, jawab pertanyaan sebaik-baiknya, jangan terlalu lama mikir, senyum, dan bersikaplah sopan dan berwibawa, dan jangan lupa inisiatif langsung untuk berjabat tangan.

3) Psikotest dan TOEFL (1 November 2012)
Selamat, jika kamu sudah sampai tahap ini, insyaAllah tahap selanjutnya jauh lebih mudah. Karena pada tahap sebelumnya banyak tersaring disana. Jadi buat kamu kamu yang berhasil lulus sampai tahap ini, artinya kamu berhasil menjadi bagian kecil yang lulus sampai tahap ini. Untuk yang barengan tes sama saya, dari lebih dari 600 orang yang interview awal, hanya sekitar 106 orang yang lulus ke tahap ini. Oke lanjut ke psikotest, psikotest BRI menurut saya mudah, mudah banget malah hhaha *pongah*, tapi serius deh, ini soal psikotest tergampang yang pernah saya ikuti. Kalo buat yang backgroundnya IPA, cincay lah hhehee. Psikotest mulai dari jam 8 pagi dan selesai kira-kira jam 10 *cuma 2 jam ciynntt*. Setelah psikotest, tes dilanjutkan dengan TOEFL, sebenernya sih bukan TOEFL, cuma tes Bahasa Inggris, tapi mirip-mirip lah, ada listening, stucture, and grammer. Banyak yang bilang sih tes Bahasa Inggrisnya BRI gampang, tapi buat saya yang lemah Bahasa Inggrisnya yya, sama aja susahnya zzzz.

4) Interview psikolog (1 November 2012)
Masih di hari yang sama, siang harinya, kira-kira jam 1 siang sudah diumumkan siapa aja yang lulus psikotest dan TOEFL. Oiya TOEFL selesai kira-kira jam 12 siang. Karena tahap sebelumnya gampang, jadi yang gugur di tahap tersebut cuma sedikit. Dari 106 orang, yang lulus sampai interview psikolog masih ada 82 orang. Interview psikolog hanya sebentar, kalo saya gga nyampe 5 menit. Tips yang sama untuk setiap interview, yang penting jadi diri sendiri aja, karena kalo jadi diri sendiri itu bisa meningkatkan pede dan jadi lebih santai, yang penting jawab pertanyaan sebaik-baiknya, langsung dari apa yang saat itu terlintas, dan jangan pernah jawab gga tau, hhehee.

5) Interview akhir (19 Desember 2012)
Huft, nunggu pengumuman buat sampai tahap ini, lamanya bukan main, sampe 1.5 bualn ciyynntt fiuhh. Sebenernya dari job fair yang sebelum-sebelumnya gga sampai selama ini sih, paling lama itu 3 minggu, tapi berhubung mendekati akhir tahun, jadi orang BRI nya lagi pada sibuk, begitu sih kata senior yang udah gambung di PPS BRI ini. Persiapan pertama yang saya lakukan adalah penampilan hhehee, karena pada interview ini, kostumnya ditentukan oleh BRI. Untuk wanita menggunakan kemeja putih, blezer hitam, celana panjang/rok hitam, dan sepatu hitam. Lamanya wawancara tergantung dari peserta karena masing-masing peserta berbeda waktunya, kalau saya hanya sekitar 15 menit. Denger-denger sih kalo di BRI, semakin cepat semakin baik. Pertanyaan awal dibuka dengan perkenalkan diri dan keluarga, prestasi, dan apa motivasi dalam proses rekruitment ini. Kemudian berlanjut ke persiapan apa yang dilakukan, dari yang telah dipelajari tentang BRI, apa yang paling kamu kuasai. Nah pas bagian itu saya jawab visi BRI. Akhirnya ditanya apa visi BRI dan maksud dari visi tersebut apa. Terus ditanya tentang hobi dan lebih minat bekerja di bidang apa, perbankan, industri, atau yang lainnya. Tipsnya adalah, tetep pede dan santai aja pastinya, saat masuk ke ruangan, ucapkan salam, tutup pintu yang rapat, dan jabat tangan. Duduk jika sudah dipersilakan duduk dan kasih berkas jika diminta. Jawab pertanyaan dengan sebaik-baiknya dan bilang maaf dan akan belajar lagi jika memang gga bisa jawab. Banyak-banyak senyum biar lebih tenang juga, dan jika peng-interview tertawa terbahak-bahak, jangan terbawa suasana, cukup tersenyum, jangan ikutan ketawa, hhehe.

Begitulah kira-kita pengalaman saya saat mengikuti seleksi Bank BUMN terbesar dan tersebar di Indonesia ini ehehee. InsyaAllah nanti akan saya lanjutkan pengalaman medical check up dan sign contract jika memang lanjut sampai tahap itu wahaha, aamiin.

Update 8 Agustus 2013 : Alhamdulillah saya tidak lulus di tahap interview akhir hhehee. Ingat, apapun hasilnya, harus tetap bersyukur, karena dengan suatu kejadian yang menyakitkan, berarti Allah sedang menghindari kita dari kejadian yang lebih besar menyakitkannya. Tetap semangat buat para job seeker, saya san sebagian besar orang pernah merasakan bagaimana rasanya jadi kalian ^^,9

2 comments:

  1. Gan minta soal psikotesnya kalau ada...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Mba Maulia Hafiz atas tulisannya, saya pribadi mengakui dari beberapa tulisan atau informasi yang telah saya baca-perihal seleksi PPS Umum BRI-hanya tulisan Mba saja yang dapat memberikan informasi secara komprehensif, sebab tidak hanya berisi tentang informasi (pengalaman) tetapi juga nilai-nilai semangat yang terkandung di dalamnya. Apapun itu, sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete