Monday, December 17, 2012

Seleksi MODP Muamalat 2012

Di tengah kegalauan menunggu hasil medical check up, saya mau share pengalaman ikut seleksi MODP. MODP itu singkatan dari Muamalat Officer Development Program atau kalau di perusahaan lain namanya MT (Management Trainee). Perjalanan yang panjang banget untuk sampai ke posisi ini tau gga? Hhahaa. Tes pertama dimulai dari pertengahan Oktober sampai pertengahan Desember ini. Total keseluruhan ada 8 tahapan, bayak kan? Berikut tahapan-tahapannya :

1) Seleksi administrasi
Tahap ini merupakan seleksi berkas, peserta yang memenuhi kualifikasi yang disyaratkan insya4w1 akan diundang untuk mengikuti tes awal. Waktu itu saya apply posisi ini kira-kira akhir Agustus via internet. Kalau untuk di Muamalat, insyaAllah tahap ini tidak terlalu sulit. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya peserta yang diundang untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

2) Tes agama dan perbankan syariah (15 Oktober 2012)
Di tes awal ini, ada 4000 lebih peserta yang diundang untuk ikut tes untuk wilayah jakarta. Tesnya berupa soal pilihan ganda sebanyak 50 soal, yang terdiri dari 25 soal tentang pegetahuan dasar agama (rukun iman, rukun islam, ayat tentang puasa, nama rasul, dll) dan 25 soal tentang perbankan syariah. Untuk soal agamanya masih yang dasar-dasar banget, pelajaran SD banget deh hhaha. Buat yang udah lupa lupa inget bisa di buka-buka lagi buku agamanya atau search di google hhehe. Nah buat yang gga punya background perbankan apalagi perbankan syariah, gga perlu takut sama tes perbankan syariahnya, kalian baca-baca aja di google tentang istilah-istilah di perbankan syariah, nah itu yang akan keluar.

3) Walk in Interview (16 Oktober 2012)
Interview pertama ini dilakukan oleh hrd dari muamalat langsung. Pertama disuruh cerita tentang diri sendiri menggunakan Bahasa Inggris. Selanjutnya pertanyaan menggunakan Bahasa Indonesia. Pertanyaannya waktu itu standar, ditanya kenapa mau bekerja di Muamalat, apa yang membuat Muamalat harus memilih kamu, gimana kalau ditempatkan menjadi marketing. Hhm, yang saya ingat sih seputar itu. Interviewnya memang gga lama hanya sekitar 10 menit kurang, tapi nunggunya yang lamaa -.-".

4) Psikotest (28 Oktober 2012)
Tes ini sama seperti perusahaan lain, berupa soal-soal psikologi seperti barisan, lanjutan dari gambar sebelumnya, menggambar orang dan pohon, kuisioner tentang diri kita, dll. Buat para job seeker pasti sudah terbiasa kan sama psikotest? Hhaha.

5) Interview Psikolog (29 Oktober 2012)
Nah interview kedua ini yang agak horor. Waktunya panjang banget sampai satu jam. Psikolognya dari FEUI waktu itu. Semua aspek dari diri kita ditanyain mulai dari prestasi, analitic thinking, ketahanan dalam menghadapi masalah, adaptasi dengan lingkungan baru, kepemimpinan, pelayanan, dll.

6) EPT (13 November 2012)
EPT/Toefl ini diadakan di LIA Pangadegan. Toefl terdiri dari listening 50 soal, structure 35 soal, dan reading 50 soal. Selain itu ada tes oral, yaitu interview tentang salah satu tema yang kita pilih dengan bahasa inggris. Saran saya, pilih tema yang sesuai dengan minat atau hobi kalian entah itu food, sport, transportation, travelling, atau yang lainnya. Buat yang masih gagap ngomong Bahasa Inggrisnya, maksimalkanlah di TOEFL nya karena saya seperti itu. Interview saya amburadul hhaha, lebih banyak "I dont know"-nya wkwk, malu-maluin kan. Jadi buat yang merasa lemah di Bahasa Inggris, boleh lah 2-3 hari sebelumnya belajar tentang TOEFL, banyak software gratisan koq di google yang bisa dimanfaatkan hhehe.

7) Interview Area Manager/Division Head (29 Desember 2012)
Waktu itu saya interview dengan Division Head di Gd. Arthaloka di Muamalat Pusat. Satu penginterview langsung menginterview dua orang. Tapi tergantung penginterviewnya sih, ada juga yang satu lawan satu. Interviewnya santai hanya seperti ngobrol-ngobrol biasa. Pertanyaan seputar kuliah, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, dan lagi-lagi, apa yang dilakukan jika ditempatkan di posisi marketing. Oiya, sebelumnya juga disuruh cerita tentang diri sendiri menggunakan Bahasa Inggris.

8) Medical Check Up (1 Desember 2012)
Tempatnya di Parahita Diagnostic Centre di daerah Mampang. Tes terdiri dari tes darah, tes urin, rontgen, dan tes fisik. Tes fisik terdiri dari ukur denyut nadi, tensi, tinggi dan massa badan, mata, jantung, dan buat yang perempuan akan diperiksa apa ada benjolan di payudara nya, horor banget yya hhaha. Tapi tenang, yang meriksa cewe juga koq.

Nah itulah kedelapan tahapan yang saya lalui pada seleksi MODP ini. Sebenernya harusnya masih ada satu tahap lagi yaitu interview direksi, tapi gga tau kenapa tahapan itu ditiadakan. Mungkin udah kebanyakan tes kali yya hhahaa. Dan, saat ini saya lagi nunggu hasil medcheck yang tak kunjung datang. Padahal udah banyak yang ditelpon buat sign contract. Malah ada yang udah mulai training hari ini. Jadi makin galau kan. So buat teman-teman yang baca mohon doanya yya yang terbaik buat saya, hhehee.

FYI, seleksi MODP yang saya jalani yaitu untuk angkatan 27-30, dan saat saya menulis ini, angkatan 27 sudah sign contract dan hari pertama training. Buat angkatan 28-30 sebagian sudah diumumkan yang lulus ke tahap sign contract dan sebagian lainnya masih digantungin termasuk saya hhehee. Doakan yya. :)

Update 8 Agustus 2013 : Peserta yang lulus sampai medical check up (MCU) melebihi kapasitas Bank Muamalat sehingga jumlah angkatan yang dibuka awalnya hanya angkatan 27-30 jadi diperbanyak sampai angkatan 37, itupun, satu angkatan terdiri dari 8 cewe dan 22 cowo *gga semuanya, yang jelas mayoritas cowo* sedangkan total peserta cowo yang lulus sampai MCU jauh lebih sedikit dibanding cewe sehingga banyak cewe-cewe yang sudah lulus sampai MCU tapi belum dikabarkan untuk sign contract, termasuk saya. Jadi, sampai angkatan 37 sudah terisi penuh kuota cewe nya, dan Muamalat membuka rekruitment baru untuk mencari calon pegawai cowo untuk melengkapi kekurangan angkatan tersebut, padahal rekruitment sebelumnya belum selesai dan banyak orang-orang yang dikecewakan dan gga diberi kabar sama sekali. Awalnya saya kecewa, sampai sekarang sih masih kecewa. Tapi yasudahlah, mereka punya tanggung jawab sendiri di akhirat nanti karena gga amanah *upps* hhahaa. Alhamdulillah sekarang saya sudah diterima di bank syariah tetangga. :)

Ada banyak hal yang lebih baik disyukuri, dari pada dikeluhi

1 comment:

  1. Asslamualaykum.. mba mauliaa saya zahra UGM .. sekarang saya tengah mengikuti tes tulis MODP.. seneng banget bisa dapet share dari mbak.. oh ya kalo mau hubungi mbak atau kenal mbak lebih deket kemana ya? thanks

    ReplyDelete