Sunday, July 8, 2012

Cara Share Blog ke FB dan Twitter, Mau?

Halo kawans, ini adalah tulisan ketiga saya di hari ini, karena apa? Karena saat ini saya sedang jadi pengangguran wkwk, dan seperti biasa, produktivitas menulis jadi meningkat.

Ada satu hal, sebut saja 'sesuatu', yang baru saya ketahui dari berbagai sumber di google yang akan saya publikasikan nanti saat waktunya sudah tepat hhihii, sekarang masih rahasia. Tunggu saja tanggal mainnya dan tetap tune ini di blog inii hhahaa. Kenapa saya perlu membahas sesuatu itu sekarang? Karena sesuatu itu yang membuat saya semangat untuk menulis disini, mau ada yang baca atau tidak, yang penting asikk *ehh*.

Kali ini saya akan meng-share cara publish tulisan pada blog ke facebook atau twitter. Hal ini berawal ketika saya bingung cara meng-share blog ini ke jejaring sosial tersebut. Saya cari di-setting-an di blog ini, namun tidak kunjung ketemu. Apa kalian juga mengalami hal yang sama? Jika iya, lanjut aja bacanya hhehee.

Akhirnya dengan memanfaatkan teknologi mutakhir search engine yaitu google, saya mendapatkan informasi mengenai hal ini *tepuk tangan*.

Cara ini menggunakan twitterfeed.com. Mungkin ada cara lain yang bertujuan sama, namun ini yang pertama kali saya baca, dan ketika diaplikasikan, sangat mudah *sombongg*. Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapkan komputer yang telah terhubung dengan akses internet, buka browser, lalu buka twitterfeed.com (dari handphone bisa juga sih, saya udah coba pake android saya)

2. Buat akun pada twitterfeed.com ini, caranya seperti buat akun di fb atau akun lainnya, tinggal klik register now dan ikuti petunjuk yang ada, masukkan email, password, confim password, lalu create.

3. Setelah itu isi Feed Name (judul blog) dan Rss Feed URL (http://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default). Ganti "nama blog" dengan username masing-masing. Lalu klik Test Rss Feed. Jika berhasil maka akan muncul bacaan "Feed Parsed OK ". Lalu create feed.

4. Langkah terakhir yaitu menghubungkan blog ke facebook dan twitter. Daftarkan akun facebook dan twitter yang akan dihubungkan dengan mengikuti petunjuk yang ada. Caranya sangat mudah dan user friendly. Kemudian done.

5. Uji coba., hhehee. Ini langkah yang tidak boleh ditinggalkan untuk memastikan langkah-langkah diatas sudah berjalan dengan benar. Post tulisan baru kalian diblog masing-masing dan cek apakah sudah tersambung ke facebook dan twitter.

Mudah bukan? Selamat mencoba :)

Referensi : asyifapulsamurah.co.cc/2011/02/update-blog-ke-twitter.html?m=1

3 comments:

  1. kok aku nggak bisa ya kak?? padahal udah conect...

    ReplyDelete
  2. udah bisa blm? kyanya udah ke share deh td liat fb n twitternya choliq

    ReplyDelete
  3. bermanfaat banget mba
    jangan lupa mampir ke blog saya ya :)

    ReplyDelete