Thursday, September 13, 2012

IBM Apprenticeship : Full of Quotes

Kali ini saya mau cerita pengalaman yang sayang untuk dilewatkan ceritanya, yaitu rekruitment apprenticeship IBM. Jadi setelah status mahasiswa saya dicopot, tentu sekarang saya lagi sibuk mencari status baru biar gga terlalu lama berstatus job seeker alias pengangguran hhehee. Kira-kira sebulan yang lalu saya apply program apprenticeship IBM ini dan akhirnya diundang untuk mengikuti talk show dan written test tanggal 11 September 2012 kemarin, tempatnya di Pusat Studi Jepang UI.

Program apprenticeship IBM ini, seperti namanya, merupakan program temporary yang ditawarkan IBM selama empat bulan. Tapi, kalau nantinya cocok, IBM akan menawarkan posisi sebagai karyawan tentunya. Program ini didesign untuk mematangkan setiap pesertanya dalam hal kecocokannya terhadap IBM, juga untuk mengenalkan dunia IBM. Jadi setelah jadi karyawan nanti, peserta tidak salah berekspektasi dan bisa lama bekerja di IBM. Walaupun merupakan program temporary, menurut yang berpengalaman disini sih gga rugi untuk ikut, karena pengalaman kerja di IBM ini berharga banget. IBM dinobatkan sebagai company for leader, yang mendidik employeenya menjadi berjiwa pemimpin dan memaksimalkan potensi diri. Selain itu, salary nya pun gga kalah sama kerja benerannya di banyak tempat lain.

Nah, hari itu saya mengikuti talk show dari IBM tersebut. Ini lah yang menarik dari rekruitment kali ini. IBM, menurut saya, sangat menghargai para job seeker. Coba kalo ditanya, perusahaan mana yang ngasih snack dan makan siang buat para apply-er nya? Perusahaan mana yang nyediain talk show yang sebegitu dahsyat motivasinya? Ada kuis buat best tweet dan best photo pula. Cuma IBM kayanya yang bisa begini. Hari itu benar-benar full of quotes, full of motivation, and full of stress, hhahaa, karena soalnyaa, susyahhhh ciynnnn. Tapi buat yang jago bahasa inggris, kayanya bakal semudah membalikan telapak tangan hhehee. Dan kata-kata terakhir yang saya ingat dari IBM, "Kalau nanti kalian lolos tesnya, yawda biasa-biasa aja, alhamdulillah saya bisa, gga usah sombong. Kalau memang gga lolos, yya gga masalah. Hidup gga akan berakhir sampai sini. Masih banyak jalan. Masih banyak peluang di luar sana. Jadikan pengalaman sebagai pelajaran. Gimana biar kedepannya lebih baik lagi. Lebih maksimal lagi. Dan setiap ada kesempatan, dicoba aja, tapi bukan coba-coba. Di coba dengan semaksimal mungkin. Kalau memang IBM gga menerima kalian, bukan berarti kalian gga qualify, tapi kami mencari orang-orang yang cocok dengan kami.". Walaupun saya gga lolos written testnya, tapi gga nyesel deh ikutan rekruitmentnya. :D

No comments:

Post a Comment